BOS INFO

Tradisi sedekah laut (Nyadran) yang bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur atas hasil tangkapan ikan yang berlimpah kembali di gelar di Pantai Tawang Gempol Sewu, Rowosari Kabupaten Kendal jumat ( 5/10/2018).

Acara yang digelar setiap satu tahun sekali tersebut dihadiri oleh bupati kendal dr. Mirna Anissa dan segenap OPD kabupten Kendal.

Dalam acara tersebut puluhan perahu nelayan yang ditumpangi nelayan serta masyarakat sekitar berlayar menuju tengah laut untuk melarung oerahu kecil yang berisi sesaji yang sebelumnya telah disiapkan dan nantinya akan di perebutkan oleh sejumlah nelayan dan masyarakat.

Menurut bupati acara tahunan masyarakat nelayan gempolsewu tersebut merupakan acara adat yang perlu dilestarikan.

” Acara tersebut merupakan wujud rasa syukur para nelayan atas hasil tangkapan ikan dan harus terus dilaksanakan setiap tahunnya ” ungkap mirna anissa.

 

Pada acara sedekah laut yang menjadi budaya tahunan, Bupati Kendal Mirna Annisa langsung menyaksikan hingga tengah laut, menurutnya budaya yang sering dilakukan 1 tahun sekali harus dilestarikan.

Budaya nyadran sendiri memang tidak asing bagi masyarkat Pantai Utara (Pantura) terutama Kendal yang pelaksanaan Nyadran bukan hanya di Tawang melainkan daerah Bandengan juga sering melakukan Budaya Nyadran.(Aw)